Sabtu, 26 Maret 2011

Kerajaan singhasari : raja - raja singhasari dan penyebab keruntuhanya.

Kerajaan Singhasari, adalah sebuah kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 .
Menurut Pararaton , Tumapel semula hanya sebuah daerah bawahan Kerajaan Kadiri . Yang menjabat sebagai akuwu (setaracamat) Tumapel saat itu adalah Tunggul Ametung . Ia mati dibunuh dengan cara tipu muslihat oleh pengawalnya sendiri yang bernama Ken Arok , yang kemudian menjadi akuwu baru. Ken Arok juga yang mengawini istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes . Ken Arok kemudian berniat melepaskan Tumapel dari kekuasaan Kadiri .
Pada tahun 1222 terjadi perseteruan antara Kertajaya raja Kadiri melawan kaum brahmana . Para brahmana lalu menggabungkan diri dengan Ken Arok yang mengangkat dirinya menjadi raja pertama Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi . Perang melawan Kadiri meletus di desa Ganter yang dimenangkan oleh pihak Tumapel.
Raja-raja kerajaan singhasari:
a. Ken Arok alias Rajasa Sang Amurwabhumi ( 1222 - 1247 )
b. Anusapati ( 1247 - 1249 )
c. Tohjaya ( 1249 - 1250 )
d. Ranggawuni alias Wisnuwardhana ( 1250 - 1272 )
e. Kertanagara ( 1272 - 1292 ).
- Penyebab runtuhnya kerajaan singhasari:
1)      Memandang Mongol sebagai saingan dengan menolak utusan Mongol dan mempermalukannya. Sehingga Mongol menyerang Singasari.
2)      Ketika tentara Mongol hendak menyerang, pasukan Singhasari disiagakan dan dikirim ke berbagai daerah di Laut Jawa dan Laut Cina Selatan sehingga pertahanan di ibu kota menjadi lemah.
3)      Penyerangan pasukan Kediri yang kemudian berhasil menduduki istana dan membunuh Kertanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar